Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Februari 2011

Buku Termahal di Dunia

(Ilustrasi)


Salinan buku langka yang paling mahal di dunia, "Birds of America," karya John James Audubon dijual di Sotheby, menurut pengumuman Kamis (9/9).
Hanya 119 buku dipastikan tersedia, sementara 108 buku ada di perpustakaan-perpustakaan, universitas, dan museum. Satu buku yang bernilai 6,73 juta Dolar AS menjadi 10,1 juta Dolar AS.
Buku abad ke-19 dengan 1.000 ilustrasi sejarah alam adalah salah satu buku yang paling indah.
Untuk karya-nya yang sempurna, John James Audubon menghabiskan waktu sekitar 12 tahun untuk belajar. Ia pergi ke Amerika untuk menembak burung untuk menciptakan lukisan cat air realistis dari burung-burung tersebut.
Salinan buku yang lain dijual sekitar satu dekade yang lalu oleh Christie senilai 8,8 juta Dolar AS, memecahkan rekor untuk sebuah buku cetakan yang dijual di balai lelang.
Buku ini memiliki gambar besar seukuran lebih dari 35 inci kali 24 inci, karena Audubon melukis burung dengan ukuran sebenarnya. "Itu semua sangat baik dengan burung berkicau pemakan rumput, tetapi ketika anda sampai pada elang gundul anda akan membutuhkan sebuah buku besar. Audubon sendiri menjelaskan bukunya berukuran folio (dua kali ukuran gajah)," kata David Goldthorpe, ahli buku Sotheby, menurut AP. (EpochTimes/dia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar