Cari Blog Ini

Kamis, 17 Februari 2011

Memecahkan Rekor, "Melukis 149 Wajah Pahlawan"

alt
pemecahan rekor melukis 149 wajah pahlawan Indonesia dalam waktu 6 jam yang digagas oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia (IKPNI) di Jakarta. (Foto: Sunsun)
 Jakarta - Sebanyak 45 pelukis dari berbagai elemen masyarakat seperti pelajar, karyawan perusahaan hingga pelukis professional, tampak sibuk menggoreskan kuas-kuasnya di depan 18 buah kanvas raksasa yang masing-masing ber-ukuran 2 x 4 meter. Kegiatan ini merupakan upaya pemecahan rekor melukis 149 wajah pahlawan Indonesia dalam waktu 6 jam yang digagas oleh Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia (IKPNI) di Jakarta.
Untuk melukis wajah para pahlawan ini, para pelukis dibekali oleh foto-foto pahlawan yang sempat terekam di masa lalu. Selain itu, panitia juga telah menyiapkan ratusan batang kuas berbagai ukuran serta lebih dari 50 kilogram cat lukis akrilik guna menyelesaikan proyek pemecahan rekor ini.
Tujuan dari pemecahan rekor ini sendiri tak lain adalah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan serta mensosialisasikan sifat-sifat luhur dari para pahlawan kepada masyarakat luas.
Menurut Otty Panoejoe, salah seorang panitia penyelenggara, digelarnya acara ini diantaranya adalah untuk mencoba untuk peduli, atas jasa-jasa para pahlawan yang sangat besar. Perjuangan tanpa pamrih dari para pahlawan yang hanya ingin negaranya merdeka.
“Tanpa pamrih, tanpa ingin bintang jasa, atau ingin suatu materi, inilah nilai-nilai yang sekarang kadang-kadang untuk masyarakat kita agak berkurang. Semuanya diukur dengan materi. Kalau para pahlawan dulu mempertaruhkan jiwa raganya tidak memperhitungkan hal-hal seperti itu, ini patut dicontoh oleh generasi muda,” ujar Otty Panoejoe, sebagai panitia penyelenggara.
Ke-45 pelukis yang terlibat dalam pemecahan rekor ini pun memberikan kontribusi dengan sukarela.
“Karena saya pikir ini penting buat kita, agar lebih mengenal lagi sosok pahlawan nasional kita,” kata Suwardi, salah seorang pelukis yang berpartisipasi.
Usai penganugerahan rekor, rencananya ke-149 lukisan para pahlawan ini akan dilelang dan hasilnya penjualannya akan disumbangkan kepada keluarga-keluarga para pahlawan yang membutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar