Cari Blog Ini

Minggu, 20 Februari 2011

Mesir Gagalkan Pencurian Lukisan Van Gogh

Pandangan depan Museum Muhammad Mahmoud Khalil di Kairo pada Minggu (22/8), sehari setelah lukisan Van Gogh ''Poppy Flowers' senilai lebih dari 50 juta dolar dicuri. (Desouki Khaled/Getty Images)





Ditulis oleh Era Baru News Minggu, 22 Agustus 2010
Van Gogh
 
            Kairo - Petugas keamanan Bandar Udara Kairo, Sabtu (21/8), menangkap dua warga negara Italia yang diduga mencuri sebuah lukisan Van Gogh dari Museum Mahmoud Khalil Mesir.
Kedua tersangka ditangkap beberapa jam setelah karya pelukis post-Impresionis Belanda itu raib dari museum.
Kantor Berita MENA mengutip pernyataan Menteri Kebudayaan Mesir Farouk Hosni menyatakan aparat keamanan Bandara Kairo menangkap seorang pria Italia bersama barang bukti.
Petugas juga menangkap seorang teman wanita tersangka.
Keberhasilan Mesir mengungkap kasus pencurian lukisan Van Gogh berjudul "The Poppy Flower" ini bermula dari kejelian petugas melacak rekam jejak para pengunjung museum yang terletak di pinggir Sungai Nil itu.
Aparat keamanan mendapati kedua warga Italia itu masuk kamar mandi dan kemudian bergegas meninggalkan museum.
Sepanjang hari Sabtu, hanya 11 orang yang berkujung ke museum yang terkenal dengan koleksi seni abad ke-19 dan 20-nya, termasuk karya Gauguin, Monet, Manet dan Renoir itu.
Beberapa orang pengunjung asal Spanyol sempat dicurigai.
Menteri Kebudayaan Farouk Hosni sempat memerintahkan aparat keamanan Mesir agar berupaya keras menemukan kembali lukisan Van Gogh yang dicuri itu.
Sekalipun Mesir berhasil menggagalkan upaya pencurian dan penyelundupan lukisan itu, belum jelas bagaimana kedua tersangka bisa melakukan aksi pencurian tersebut.

Lukisan Van Gogh Dicuri
Ditulis oleh Oleh: Jack Phillips Selasa, 24 Agustus 2010

Sebuah lukisan Vincent Van Gogh 'Poppy Flowers,' yang diperkirakan bernilai sekitar 50 juta dollar, dicuri dari sebuah museum Kairo pada hari Sabtu (21/8).
Sebelumnya Menteri Kebudayaan Mesir Farouk Hosni mengatakan lukisan itu telah ditemukan, tetapi kemudian mencabut pernyataannya. Lukisan beserta pencurinya belum diketahui, menurut berita BBC.
Hosni mengatakan dua orang Italia dicegat di bandara dengan kanvas kecilnya. Awalnya, diyakini mereka adalah pencurinya. Namun, Hosni mengatakan kepada BBC dan media lain bahwa ia telah menerima informasi yang tidak akurat.
Pemerintah Mesir mengatakan bahwa museum memiliki masalah sistem alarm. Jaksa tinggi di negeri ini, Abdel Meguid Mahmud, mengatakan hanya tujuh dari 43 kamera keamanan yang bekerja dan tidak ada alarm yang hidup.
Mahmud mengatakan kepada BBC bahwa seluruh sistem keamanan di museum ini tidak berpungsi dan tidak memadai.
Ini adalah kedua kalinya lukisan yang sama, yang juga dikenal sebagai 'Vase and Flowers,' telah dicuri dari Museum Mahmoud Khalil. Sebelumnya, lukisan itu dicuri pada tahun 1978 dan ditemukan kembali satu dekade kemudian di Kuwait.
Karya seni yang ukurannya 30 cm x 30 cm, menggambarkan bunga-bunga merah dan kuning. Lukisan ini diyakini telah dilukis oleh Van Gogh pada tahun 1887, tiga tahun sebelum dia meninggal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar